Komite Audit

Komite Audit bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dalam memberikan opini independen mengenai hal-hal yang memerlukan perhatian Dewan Komisaris sesuai dengan prinsip-prinsip GCG dan peraturan perundangundangan yang berlaku. Komite Audit berfungsi untuk melakukan pengawasan atas efektivitas sistem pengendalian internal, internal audit, proses pelaporan Keuangan, sehingga Bank dapat dikelola berdasarkan prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, pertangungjawaban, independensi dan kewajaran.

Dasar Hukum Pembentukan

Komite Audit Perseroan dibentuk guna memenuhi:

serta peraturan perundang – undangan dan regulasi terkait lainnya.

Piagam Komite Audit

Komite Audit Perseroan telah memiliki Piagam Komite Audit yang diterbitkan melalui Surat Keputusan Dewan Komisaris No. KEP.B001-KOM/02/2016 tanggal 10 Februari 2016 sebagai acuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara transparan, kompeten, objektif dan independen sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan diterima oleh semua pihak yang berkepentingan.

Unduh Piagam Komite Audit
Struktur Keanggotaan dan Kriteria

Anggota Komite Audit PT Bank Syariah Indonesia Tbk diangkat berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 01/178-KEP/DIR tentang Penetapan Perubahan Keanggotaan Komite Audit PT Bank Syariah Indonesia Tbk efektif per 30 Agustus 2021, sebagai berikut:

Jabatan Nama
Ketua merangkap anggota Muhammad Zainul Majdi*
(Wakil Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen)
Anggota Adiwarman Azwar Karim*
(Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen)
Anggota Imam Budi Sarjito
(Komisaris)
Anggota Suyanto
(Komisaris)
Anggota M. Arief Rosyid Hasan
(Komisaris Independen)
Anggota Widuri Meintari Kusumawati
(Pihak Independen)
Anggota Djoko Seno Adji
(Pihak Independen)
Anggota M. Zacky Thayib
(Pihak Independen)

*berlaku efektif menjalankan tugasnya setelah mendapat persetujuan OJK atas Penilaian Kemampuan & Kepatutan (Fit & Proper Test)

Independensi Komite Audit

Sesuai dengan Piagam Komite Audit, Komite menjalankan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan independen. Komite mendukung Dewan Komisaris dalam melakukan evaluasi dan pengawasan tentang proses pelaporan keuangan, proses Audit Internal dan Eksternal serta praktik Good Corporate Governance berjalan dengan baik dan sesuai prosedur.

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. adalah pelaku jasa keuangan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan