Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wa bihi nastai'in, wa 'ala 'umuriddunya waddin, washshalatu wassalamu 'ala asyrafil anbiya iwal mursalin, nabiyyina muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, wa' ala alihi wa ashabihi wattabi'in wa man tabi'ahum bi ihsani ila yaumiddin.

Segala puji bagi Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga BRIsyariah dapat terus berkembang menjadi Bank yang amanah dan membawa manfaat bagi masyarakat. Dalam kesempatan ini, perkenankan kami mewakili Dewan Pengawas Syariah untuk memberikan apresiasi atas kerja keras dan pencapaian Manajemen BRIsyariah.

Sesuai tugas dan fungsinya, Dewan Pengawas Syariah (DPS) telah mengawasi operasional BRIsyariah agar sesuai dengan nilai-nilai syariah serta prinsip tata kelola perusahaan yang baik. DPS juga telah memberikan nasihat dan saran kepada Manajemen mengenai prinsipprinsip syariah. DPS secara aktif mengikuti rapat-rapat, baik rapat DPS, maupun rapat dengan Dewan Komisaris serta Direksi. Sepanjang tahun 2019, DPS telah melaksanakan kegiatan pengawasan dan rapat sebanyak 16 kali dengan beragam agenda. Rincian agenda Rapat tercantum dalam bagian Tata Kelola Perusahaan dalam Laporan ini.

DPS melaksanakan kegiatan yang meliputi kajian terhadap produk, Sistem Operasional Prosedur dan kebijakan BRIsyariah agar sesuai dengan nilai dan prinsip syariah sebagaimana telah ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Selain itu, sebagai pertimbangan dalam memberikan rekomendasi dan opini, DPS juga telah melakukan uji petik atas produk-produk BRIsyariah. Sepanjang tahun 2019, DPS telah mengeluarkan 64 opini syariah baik yang meliput prosedur, produk dan layanan BRIsyariah.

Sehubungan dengan implementasi Qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Aceh yang mulai dilakukan BRIsyariah mulai pertengahan tahun 2019, DPS juga terus mengawasi proses serta aspek operasionalnya. Pengawasan tersebut dilakukan agar semua hal yang berkaitan dengan implementasi Qanun LKS tetap sesuai dengan nilainilai syariah serta prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Berdasarkan pengawasan DPS, pada tahun 2019 secara umum operasional BRIsyariah telah sesuai dengan nilai dan prinsip syariah serta opini syariah DPS. Ke depan, DPS terus mendorong BRIsyariah agar semakin menyempurnakan pelaksanaan nilai dan prinsip syariah dalam seluruh aktivitas operasionalnya.

Akhir kata, semoga BRIsyariah dapat menjadi Bank dengan beragam layanan yang memberikan manfaat bagi seluruh pihak. Kami juga berharap semoga komitmen kuat untuk melaksanakan nilai dan prinsip syariah dalam seluruh aspek operasional terus dipertahankan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Jakarta, 06 Februari 2020

PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. adalah pelaku jasa keuangan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan